Tips Menata Apartemen Studio Agar Lebih Maksimal

0
295

Apakah kini Anda tinggal di apartemen yang terhitung mungil? Mungkin, Anda kesulitan untuk mendekor apartemen kecil Anda karena keterbatasan ruangan. Untuk itu, Anda harus tahu sejumlah tips agar apartemen mungil Anda bisa memenuhi seluruh kebutuhan Anda.

Pintu Kamar Mandi Dengan Panel Kaca

Saat Anda membeli apartemen dengan luas yang tidak seberapa, maka akan berimbas pada luas ruangan yang lainnya, termasuk kamar mandi. Anda tidak bisa membuat kamar mandi yang terlalu besar karena akan berdampak pada ruangan lainnya. Untuk itu, supaya kamar mandi tidak terkesan sumpek dan pengap, Anda bisa menggunakan pintu yang terbuat dari jenis kaca. Panel ini pun dapat menambah pencahayaan ke dalam kamar mandi. Hasilnya, kamar mandi Anda akan terkesan lebih luas dan memberikan lebih banyak kenyamanan saat Anda menggunakannya.

Pembagian Ruang Dapur dan Penyimpanan

Saat Anda tidak menata ruangan apartemen dengan baik, Anda pasti akan kesulitan mencari sudut yang pas untuk digunakan sebagai dapur. Meski apartemen kesayangan Anda hanya berukuran 24 meter persegi saja, Anda tetap bisa memiliki dapur dan memanfaatkan ruang yang tersisa nantinya untuk penyimpanan.

Untuk sekatnya, Anda bisa menggunakan rak beton yang pemakaiannya sudah dibagi-bagi. Contohnya di sisi kanan untuk dapur dan peralatannya, di samping lainnya digunakan untuk menyimpan TV dan peralatan elektronik. Pada bagian bagwah, Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan barang-barang lainnya.

Aplikasikan Partisi

Apartemen studio memang memiliki ruangan yang sangat minimalis, tapi Anda tetap bisa mengaplikasikan partisi ruangan yang menjadi pembatas antara tempat tidur dan ruangan apartemen lainnya. Dalam penerapan partisi ini, Anda tentu harus menyesuaikan besar partisi dengan luas apartemen Anda.

Misalnya, Anda bisa menggunakan partisi berbentuk slide guna membatasi ruangan tidur. Tak hanya membuat apartemen mungil jadi lebih menarik, adanya partisi ini pun memberikan batasan antara ruang privasi dan ruang publik.

Dekorasi Minimalis

Luas ruangan sangat terbatas, alangkah baiknya Anda tidak menggunakan interior yang terlalu besar dan memakan tempat. Caranya adalah pintar-pintar mengatur dekorasi, terutama untuk bagian kamar. Pilihlah dekorasi yang benar-benar Anda butuhkan sehingga terkesan fungsional. Tapi bila Anda ingin mendapatkan sentuhan yang berbeda di dalam kamar, maka Anda bisa menempelkan satu buah lukisan dinding kamar untuk memberikan kesan yang lebih artistik.

Penggunaan Warna Monokrom

Penggunaan cat dengan kombinasi warna yang terlalu banyak akan membuat kesan apartemen menjadi sumpek. Untuk itu, akan lebih baik menerapkan gaya monokrom, misalnya dengan mengaplikasikan cat berwarna putih, atau dominasi berwarna putih. Terkait dengan furniture, Anda dapat memilih dekorasi dengan warna senada di dinding atau dekorasi dengan ornamen warna gelap.

Pasangkan Cermin Besar

Kaca akan memberikan pencahayaan yang baik ke dalam kamar, dan juga dapat menyuguhkan kesan luas pada kamar Anda. Akan tetapi jika kamar Anda hanya dilengkapi dengan kaca atau mungkin jendela berukuran kecil, maka untuk menyiasatinya Anda bisa menggunakan cermin besar dan menempatkannya di salah satu sudut ruangan untuk mendapatkan kesan luas.

Ciptakan Ruang Kerja Dalam Kamar

Untuk lebih memaksimalkan ruangan di apartemen, Anda bisa menyatukan ruangan kerja dengan ruang tidur. Ruangan kerja ini diciptakan dengan cara memanfaatkan salah satu sudut ruangan dekat tempat tidur. Di sini Anda bisa menaruh sebuah meja dan kursi kantor untuk menegaskan fungsi ruang kerja tersebut.

Bagaimana? Apakah tips di atas membantu Anda untuk lebih memaksimalkan ruangan yang terdapat di apartemen Anda? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here