Inspirasi Desain Ruang Tamu Keren Untuk Apartemen Anda

0
737

Apakah Anda tinggal di sebuah apartemen? Bingung menentukan desain interior ruang tamu apartemen Anda dengan tepat? Merancang interior ruang tamu pada apartemen memanglah sebuah tantangan yang menarik. Tidak seperti rumah pada umumnya yang memiliki ruang tamu dan ruang keluarga yang terpisah, di dalam apartemen, ruang tamu dan ruang keluarga menjadi satu.

Untuk membuat agar tampilan ruang tamu dan ruang keluarga di apartemen Anda menjadi lebih cantik, simaklah beberapa tips berikut ini untuk mendekorasi ruang, tamu atau ruang keluarga untuk apartemen Anda.

Desain ruang tamu

Ruang keluarga merupakan pusat dari suatu rumah atau hunian Anda. Disinilah tempat satu keluarga mengobrol, bercengkrama dan menonton TV bersama. Di ruang keluarga, Anda juga bisa meletakkan sebuah meja kerja atau area bermain untuk anak. Jika Anda memiliki balita, sebaiknya pilihlah sofa dengan bahan kulit agar mudah untuk dibersihkan. Anda juga bisa memilih furniture berwarna putih asalkan bahan dari furniture tersebut mudah untuk dibersihkan. Anda bisa menambahkan karpet yang lembut untuk digunakan di ruang keluarga, jika Anda sekeluarga ingin menonton TV atau bersantai sambil tidur-tiduran. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sofabed dengan warna yang netral untuk menjadikan ruang keluarga Anda menjadi lebih nyaman.

Desain ruang tamu kecil

Pada umunya, apartemen memiliki ruang tamu yang berukuran kecil. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan penataan secara khusus agar ruang tamu Anda tidak terlihat sesak dan terasa nyaman juga bagi tamu yang datang. Simaklah cara mendekorasi ruang tamu apartemen berikut ini!

Gunakan warna-warna terang

Warna yang terang dapat memantulkan cahaya yang masuk, sehingga akan memberikan kesan yang lebih luas pada ruangan. Anda juga bisa menerapkan tema hitam putih jika Anda menyukai kedua warna tersebut. Akan tetapi, Anda harus membuat warna putih lebih dominan agar ruangan terkesan lebih luas.

Pilih sofa berkaki

Sofa yang berkaki akan membuat pandangan mengalir, sehingga ruangan tidak terkesan sesak. Anda bisa memilih sofa dengan model slim, hindarilah pemilihan sofa yang bermodel bulk karena dapat menghalangi padangan dan ruangan pun akan terlihat penuh. Selain itu, sofa berkaki juga akan memudahkan Anda untuk memberihkan lantai di bawahnya.

Biarkan ruangan terbuka

Jika Anda memiliki ruang tamu yang kecil, maka pilihlah furniture yang rendah dan hindarilah penggunaan sekat. Ruangan yang terbuka akan memberikan kesan luas, sehingga akan membuat mata menjadi nyaman ketika melihatnya. Anda bisa menggunakan karpet sebagai batas antar ruangan untuk menentukan suatu area.

Tanam atau tempelkan TV pada dinding

TV yang tertanan pada dinding akan mengurangi kesan sumpek pada ruang tamu Anda yang kecil. Selain itu, ruang tamu di apartemen Anda juga akan terlihat elegan dan minimalis dengan penataan yang seperti ini.

Jika sewaktu-waktu datang tamu yang banyak, mungkin saja Anda akan kekurangan tempat duduk. Oleh karena itu, Anda memerlukan beberapa kursi tambahan untuk kondisi yang tidak bisa diduga ini. Anda bisa menyimpan kursi mungil yang dapat ditumpuk agar tidak memakan banyak tempat.

Letakkan meja dan lemari tamu berdekatan

Lemari dan meja tamu yang diletakkan berdekatan dapat menghemat tempat. Selain itu, hal tersebut juga memiliki banyak fungsi. Anda bisa menggunakan lemari tersebut sebagai tempat untuk menaruh barang-barang Anda. Sementara itu, meja tersebut dapat Anda gunakan sebaga meja kerja atau meja belajar.

Manfaatkan setiap sudut ruangan

Sudut ruangan kerap kali menjadi area yang jarang diperhatikan. Padahal, sudut ruangan bisa Anda manfaatkan sebagai tempat untuk menaruh kursi tambahan atau rak. Agar menampilkan kesa santai, Anda dapat menaruh sofa kecil untuk bersantai di tempat ini.

Gunakan gorden yang lebih besar

Jendela yang tampak besar akan membuat ruang tamu Anda terlihat lebih lega. Oleh karena itu, pasanglah gorden beberapa cm lebih tinggi dari jendela. Selain itu, jika Anda memasang gantungan gorden melebihi jendela pada kedua sisinya, maka hal tersebut juga akan membuat jendela Anda terlihat lebih lebar.

Sesuaikan warna gorden dengan dinding

Warna gordan yang tampak menyatu dengan warna dinding akan memeberikan kesan seperti tidak ada batas, sehingga ruangan pun tidak terlihat sempit.

Gunakan rak gantung

Daripada menggunakan rak atau lemari yang biasa, pasanglah rak gantung yang ditempelkan pada dinding. Rak gantung ini bisa Anda gunakan untuk menyimpan barang yang Anda koleksi. Dengan menggunakan rak gantung ini, maka akan menghindarkan ruang tamu Anda dari kesan sesak dan ruangan pun akan terlihat lebih rapi dan kekinian.

Taruh kaca cermin

Tips terakhir agar ruang tamu apartemen Anda terlihat lebih luas adalah dengan meletakkan cermin. Anda bisa meletakkan cermin yang berukuran sedang di salah satu bagian dinding ruang tamu Anda. Selain akan memberikan kesan yang luas, cermin tersebut juga tentu saja dapat digunakan sebagaimana fungsinya. Sebaiknya Anda meletakkan cermin tersebut di tempat yang berlawanan dengan jendela. Dengan demikian, cermin tersebut akan memantulkan cahaya yang diterimanya ke seluruh ruangan.

Itulah tips mendekorasi ruang tamu pada apartemen Anda agar telihat lebih modern dan stylish. Semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here