Ini Dia 7 Tips Menata Apartemen Sempit agar Terasa Lebih Luas

0
207

Saat Anda diharuskan tinggal di apartemen dengan ukuran studio tentu tidak akan nyaman bila kamu tidak nyaman dalam menata ruangan. Ukurannya yang kecil akan terasa makin kecil dan sumpek saat kamu memasukkan semua perabotan dengan penataan yang salah. Untuk itu, Anda harus tahu sejumlah tips yang bisa diterapkan supaya apartemen studio tampak lebih luas dan nyaman untuk ditinggali.

Penataan Vertikal

Apabila langit-langit apartemen Anda cenderung tinggi, maka Anda bisa menata ruangan secara vertikal atau ke atas. Anda bisa memasang lemari tinggi sesuai dengan tinggi langit-langit, namun tidak perlu terlalu lebar ke samping. Lemari ataupun rak yang ditata menjulang ke atas akan memberikan kesan ruangan lebih besar.

Pasang Kelambu pada Tempat Tidur

Kamu bisa memasangkan kelambu dengan gorden tipis dan transparan. Kelambu dan gorden digantung pada tepian tempat tidur sebagai pemisah antara area tidur dan area yang lainnya. Selubung transparan akan memberikan kesan ruangan apartemen Anda lebih luas daripada yang seharusnya.

Pasang Cermin Besar

Cara paling efektif yang dapat membuat ruangan terlihat dua kali lebih besar adalah dengan cara memasang kaca bear pada salah satu dari sisi ruangan apartemen Anda. Apabila budget yang Anda miliki terbatas, maka Anda tidak perlu membei cermin besar. Solusinya, Anda bisa memakai sejumlah cermin bentuk heksagona atau segi enam dan kemudian tempelkan cermin tersebut di dinding.

Pasar Karpet

Untuk lebih memisahkan area ruang tamu dan keseluruhan ruangan, Anda dapat menaruh karpet di bawah sofa. Tak hanya membuat tampilan apartemen menjadi lebih bervariasi, pemisah ruangan pun membuat tempat tinggal Anda lebih homey.

Rak Buku Sebagai Pembatas Ruangan

Guna membatasi antar ruang, Anda bisa menaruh buku. Contohnya saja, Anda ingin membatasi antara ruang tamu dan tempat tidur, maka kamu bisa menggunakan rak buku sebagai pembatasnya. Tak hanya hemat tempat, menggunakan rak buku sebagai pembatas pun menyediakan berbagai ruang kosong untuk menaruh berbagai pajangan ataupun perabotan yang ingin Anda pajang.

Cat Langit-Langit dengan Warna Gelap

Fokuskan mata pada langit-langit ruangan dengan cara mengecatnya menggunakan warna gelap. Hal ini pun dapat menciptakan kesan luas. Jangan terlalu banyak kombinasi warna karena Anda hanya membutuhkan satu warna saja. Warna gelap ini hanya berlaku untuk langit-langit saja, tidak untuk bagian lainnya.

Monokromatik

Ingat, jangan menggunakan banyak warna pada ruangan yang kecil. Hal ini hanya akan membuat tempat Anda tampak makin sempit. Anda bisa menerapkan gaya penataan yang monokrom. Anda juga dapat memilih furniture dengan warna yang senada dengan warna dinding Anda.

Hal lainnya yang harus diingat, pastikan furniture yang Anda beli sesuai dengan luas ruangan Anda, sehingga saat furnitur tersebut dipasang, tidak memakan banyak tempat. Anda juga harus memilih furniture yang fungsional atau dengan kata lain furniture tersebut tidak berguna untuk satu fungsi saja, tapi untuk beberapa fungsi.

Mungkin untuk menerapkan hal di atas membutuhkan kreatifitas, sehingga sebelum Anda mulai mendekorasi ruangan apartemen Anda, akan lebih baik menganalisanya terlebih dahulu supaya setiap furnitur yang sudah Anda beli dapat difungsikan dengan baik.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan ventilasi, karena dengan adanya ventilasi perputaran udara dapat berjalan dengan baik. Ventilasi juga membuat ruangan apartemen Anda tidak sumpek. Jangan sampai ventilasi yang ada di apartemen Anda terlang oleh furnitur. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here