5 Trik Ampuh Atasi Apartemen Mungil Agar Tetap Nyaman

0
183

Bagi Anda yang baru saja membeli apartemen dengan ukuran cukup minimalis, maka Anda harus memiliki siasat agar apartemen mungil Anda bisa memuat semua kebutuhan Anda. Sebab jika Anda tidak memiliki rencana yang matang, bisa jadi desain interior apartemen Anda tidak akan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Ukuran apartemen yang minimalis memang seringkali menjadi penghambat rencana desain apartemen impian. Furniture yang tadinya ingin Anda gunakan akhirnya batal karena berukuran terlalu besar dan tidak muat di apartemen mungil Anda. Bagaimana cara mengatasinya?

Jadikan Area yang Terkena Bukaan Sebagai Ruang TV

Desain interior apartemen mungil Anda berbentuk L, maka akan terdapat bukaan atau jendela di salah satu sisinya. Anda dapat memanfaatkan area tersebut untuk area interior ruang keluarga. Desain apartemen seperti ini pun biasanya punya ukuran yang kecil. Adanya bukaan ini membuat ruang keluarga Anda lebih menyegarkan dan tidak terkesan sumpek. Dengan desain ini pun Anda bisa tetap nyaman saat berkumpul bersama keluarga.

Pilih Interior yang Bisa Menambahkan Kesan Ruangan Lebih Luas

Untuk menyiasati luas ruangan yang sempit tersebut, Anda bisa menggunakan furniture tanpa kaki. Ini merupakan salah satu solusi pintar yang dapat Anda coba, terlebih untuk ruangan keluarga pada desain interior berbentuk L.

Model Rak yang menggantung akan membuat ruang keluarga Anda terlihat lebih lapang dan luas. Tak hanya itu, menggunakan furniture yang tanpa kaki pun membuat Anda akan lebih mudah bersih-bersih karena tidak ada lagi kotoran yang menyangkut di bawahnya.

KamarTidur, Maksimalkan Salah Satu Sisi untuk Meletakkan Furnitur

Bila desain interior apartemen Anda punya ruang untuk kamar tidur, maka Anda bisa menerapkan gaya desain interior yang tidak sama dari gaya desain ruangan terbuka. Anda bisa menambahkan ornamen kayu supaya kamar terlihat lebih alami dan lebih hangat.

Apabila Anda ingin memakai kasur yang empuk dengan ukuran cukup besar, akan lebih baik jika Anda menempatkan furniture kamar yang lainnya secara sejajar. Hal ini dilakukan supaya kamar Anda terkesan lebih luas.

Manfaatkan Transisi Antara Dua Ruang Sebagai Area Dapur

Apabila Anda bingung di mana bisa menempatkan area dapur, maka Anda bisa menempatkannya di area transisi antara dua ruangan tertutup. Ukuran dapur di dalam apartemen yang tidak terlalu luas, sebaiknya tidak terlalu besar. Dapur mini pun sudah cukup untuk melengkapi ruangan apartemen Anda, asalkan bisa berfungsi dengan baik tentunya.

Kombinasikan 3 Jenis Pencahayaan

Anda akan merasa lebih nyaman di apartemen apabila ada aksen dari pencahayaan ruangan. Untuk membangun mood yang satu ini, mungkin akan terasa sulit dengan ruangan yang terbatas. Tapi ternyata, Anda masih bisa melakukannya dengan memadukan tiga jenis pencahayaan yang berbeda.

Tiga jenis pencahayaan yang bisa Anda gunakan adalah pencahayaan terpusat, pencahayaan yang lebih fokus dan juga pencahayaan tambahan. Pencahayaan terpusat biasanya menggunakan lampu gantung. Pencahayaan yang lebih fokus bisa menggunakan standing lamp dan untuk pencahayaan tambahan bisa menggunakan lampu di dinding.

Beri Tanaman Hias dan Throw

Ini adalah sentuhan terakhir yang harus Anda gunakan, yaitu menghiasi apartemen Anda dengan sejumlah tanaman hias, mulai dari shandinavian, bohemian sampai morrocan style. Anda pun bisa menambahkan interior lain sesuai dengan selera. Yang pasti jangan terlalu banyak menggunakan interior karena akan terkesan sempit.

Itulah sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk menghiasi apartemen kecil Anda. Bagaimana, tidak sulit bukan? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here