10 Trik Rahasia Dekorasi Apartemen Mungil yang Wajib Anda Tahu

0
176

Apakah Anda merupakan salah satu dari penghuni apartemen yang terdapat di kota Anda? Saat ini tren apartemen memang tengah melejit di tengah masyarakat Indonesia, tidak terkecuali apartemen dengan ukuran mungil yang luasnya pas-pasan.

Sebenarnya apartemen jenis ini akan sangat cocok bagi mereka yang belum berkeluarga seperti mahasiswa, pekerja atau yang lainnya. Namun tetap saja, apartemen dengan luas yang pas-pasan membuat penghuninya kesulitan untuk mengatur tata letak barang, mungkin Anda juga merasakannya?

Akan tetapi biaya sewa yang terbilang murah, lokasi yang cenderung strategis membuat para penyewa seperti kehabisan pilihan selain memiliki apartemen dengan konsep studio ini. Namun Anda tidak usah khawatir sekarang, karena ternyata terdapat sejumlah trik yang bisa diterapkan untuk membuat apartemen studio lebih fungsional.

Cari Transisi Ruangan yang Tepat

Banyak dari penghuni apartemen yang lebih memilih konsep terbuka untuk apartemen mungil ini. Hal ini difungsikan agar apartemen terasa lebih luas. Akan tetapi, konsep ruangan terbuka ini sering kali menghasilkan ruangan yang kurang tertata dengan baik, sehingga tampak berantakan. Untuk itu, sedikit batas tiap ruangan tetap dibutuhkan. Caranya, Anda bisa meletakkan partisi ataupun sekat ruangan yang tidak memakan banyak tempat.

Pilih Furnitur Dengan Dual Fungsi

Tiap inci apartemen kecil sangatlah perlu Anda pertimbangkan dengan baik. Sebab, setiap sudut di apartemen studio harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Salah satu caranya adalah dengan memilih furniture yang memiliki dual fungsi. Anda bisa menghemat banyak uang jika menggunakan furniture dengan banyak fungsi tersebut.

Penggunaan Ruang Paling Efektif

Setelah Anda tinggal di apartemen dalam waktu tertentu, maka Anda akan menemukan sejumlah ruangan yang kurang digunakan. Misalnya saja, rak-rak tinggi di dapur yang masih kosong, sampai laci-laci yang masih terbengkalai. Saat Anda memiliki waktu luang, lebih baik tinjau kembali tempat-tempat yang tidak terpakai tersebut.

Konsep Storage Vertikal

Ketika Anda memilih furniture yang dikhususkan untuk storage, sangat penting mempertimbangkan storage dengan bentuk vertikal alias memanjang. Hal ini karena lebih menghemat ruang, terutama ruangan apartemen yang hanya punya satu ruangan saja.

Maksimalkan setiap dinding di ruangan Anda. Anda juga bisa memilih kabinet seperti 2 buah rak panjang yang sengaja ditempatkan sebagai partisi untuk kamar tidur Anda. Jangan lupa juga untuk menghiasinya dengan sentuhan dekorasi ala apartemen yang nyaman.

Ciptakan Sistem Organisir Yang Efisien

Bila Anda tinggal di apartemen kecil, tidak ada lagi alasan untuk terus bermalas-masalan dengan benda yang Anda punya. Supaya apartemen kecil Anda selalu terlihat bersih, Anda harus memiliki sistem penyimpanan tersendiri yang singkat dan efisien. Sistem storage  yang efekti ini akan membantu Anda saat mencari benda yang Anda butuhkan.

Pilih Palet Warna Netral atau Terang

Untuk Anda yang memiliki apartemen kecil namun ingin terlihat luas, maka Anda harus memilih warna yang terang atau netral. Hindari berbagai kombinasi warna karena hanya akan membuat apartemen Anda tampak lebih sumpek. Bila Anda lebih suka warna gelap, maka Anda bisa memilih salah satu sudut ruangan untuk dicat gelap. Tapi usahakan untuk tetap menambahkan warna muda agar lebih cerah.

Bermain Dengan Kontur Furnitur & Desain

Biasanya interior di apartemen mungil selalu terpaku pada garis lurus dan kaku. Hal ini membuat Anda harus pintar-pintar dengan kontur furniture dan desain. Kontor seperti misalnya lengkungan pada furniture dapat menghilangkan aura monoton dari ruang kecil di apartemen Anda. misalnya saja, meja makan berbentuk bundar atau perangkat sofa dan meja tamu dengan akses sudut oval.

Bereksperimen Dengan Layer Desain

Apabila Anda ingin apartemenmu lebih hidup, fokuskan dirimu pada layer desain untuk kesan dimensi yang apik dan cuamik. Misalnya adalah membuat rak-rak di dinding aparteman Anda berlapis dengan aksesoris rumah dengan warna kontras. Anda juga bisa memilih karpet dengan bahan tebal guna menutup lantai yang terasa kosong dan dinding. Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan bantal atau dekorasi kecil ataupun aksesoris selimut di sopa atau ruang tidur di apartemen.

Gaya Mengambang yang Keren

Furniture besar dan padat hanya akan membuat ruangan apartemen Anda makin sempit. Untuk itu lebih baik pilih furniture yang memiliki konsep “mengambang” seperti sofa dengan kaki penyangga yang cukup tipis atau kabinet dan wastafel gantung yang dapat bertumpu pada dinding.

Itulah sejumlah tips yang harus Anda terapkan agar apartemen minimalis Anda tampak lebih luas dan tidak sumpek. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here